Thursday, February 9, 2012

Have Fun With Recycle Bin

jika tong sampah dirumah kita biasanya adalah tempat yang bau dan penuh dengan sampah basah, kering atau sebagainya, nah kalo tong sampah yang ada di dalam sistem operasi windows sangatlah berbeda dan menyenangkan, tong sampah yang dinamakan dengan recycle bin dirancang agar mudah di gunakan dan memungkinkan teman-teman menentukan berrbagai karakteristik yang ada didalamnya. teman-teman bisa menentukan ukuran tong sampah , cara kerja serta bisa menonaktifkan tong sampah.

baiklah, sebelum membicarakan lebih jau mengenai recycle bin ini, saya akan menjelaskan terlebih dahulu cara kerjanya, Windows memamfaatkan recycle bin sebagai tempat penampungan file dan folder yang akan dibuang, ketika teman-teman menghapus file dan folder sebenarnya file dan folder tersebut tidaklah di hapus hanya pinda kedalam recycle bin.

teman-teman bisa mendapatkan kembali file dan folder tersebut dari recycle bin, dengan melihat dan memilih dile didalamnya kemudia pilih "Restore" file dan folder yang telah dihapus baru benar-benar akan di musnahkan dari komputer ketika teman-teman mengosongkan recycle bin ini. jadi menghapus tidak benar-benar menghapus ? tidak juga.

pada kondisi tertentu, windows tidak memamfaatkan recycle bin sebagai tempat pembuangan namun akan langsung menghapus files dan folder yang teman sekalian hapus sehingga hilang dari peredaran. Pertama, ketika teman-teman menghapus file secara remote ( dari komputer lain), maka file tersebut akan langsung dihapus tanpa melaui recycle bin, lagi sehingga teman-teman harus extra hati-hati melakukannya.

Kedua, jika teman-teman menghapus sebuah file dan folder dengan menekan kombinasi tombol [SHIFT] + [DEL], maka file dan foler yang teman-teman hapus juga akan langsung dimusnahkan tanpa melalui recycle bin lagi.





recycle bin sangat berguna karena memungkinkan teman-teman mengembalikan file secara tidak sengaja telan teman-teman hapus atau berubah pikiran setelah menghapus file atau folder. bagaimanapun juga, cara kerja yang baik dari recycle bin ini tidak akan cocok dengan kondisi setiap orang. Misalkan, teman-teman tidak suka dengan recycle bin yang menghabiskan space hardisk teman-teman atau teman-teman selalu ingin agar recycle bin tidak digunakan. apakan ada cara untuk merubah cara kerjanya ini ? tentu saja.



Klik kana pada recycle bin kemudian pilih " properties" teman teman akan melihat berbagai setting yang berhubungan dengan cara kerja recycle bin ini, secara default, recycle bin akan menggunakan 10% sapace hardisk dari setiap hatdisk teman-teman sekalian.

Seteipa file dan folder yang teman-teman hapus akan dimasukkan kedalam recycle bin sampai penuh , teman teman tidak perlu mengosongkan tong sampah yang satu ini sendiri, ketika recycle bin penuh files dan folders yang ada didalamnya akan dihapus  secara otomatis dan digantikan dengan files dan folders yang baru dihapus, cara kerja yang benar-benar efisien.

teman teman tidak harus menggunakan 10%b dari hardisk teman-teman untuk digunakan, namun bisa merubahnya melalui recycle bin Properties. Teman teman bisa memilih space yang ingin teman gunakan, tentukan dalam MB dan klik OK untuk merubahnya.perhatikan bahwa teman-teman juga mempunyai pilihan untuk menonaktifkan fungsi recycle bin dengan memilih pilihan " Don't Move File To The Recycle Bin remove files immediately when Deleted ". pilihan ini akan membuat semua file dan folder yang teman teman hapus akan dimusnahkan dari komputer tanpa melalui recycle bin lagi, tidak perduli apakah teman-teman menggunakan kombinasi tombol [SHIFT]+[DELETE] atau tidak.

No comments:

Post a Comment